INDONESIA EX-MUSLIM FORUM

Telling the truth about Muhammad and Islam

SUMBER AL QURAN KEDUA

Posted by Exmuslim pada Maret 7, 2009

Nilai moral dalam Islam

Ayat Quran yang sering dipakai umat Islam untuk membela bahwa Allah tidak mengajarkan pembunuhan ternyata hanya saduran dari kitab Yahudi;

Oleh karena itu Kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani Israil, bahwa: barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan dimuka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya. Dan sesungguhnya telah datang kepada mereka rasul-rasul Kami dengan (membawa) keterangan-keterangan yang jelas, kemudian banyak diantara mereka sesudah itu sungguh-sungguh melampaui batas dalam berbuat kerusakan dimuka bumi. (QS 5:32)

Ayat diatas dicontek dari Mishnah, Sanhedrin 4: 5

Karena alasan ini, manusia [yaitu yang pertama] diciptakan sendiri untuk mengajar bahwa siapapun menghancurkan hidup sesorang seolah-olah ia telah membinasakan keseluruhan alam semesta, dan siapapun menyelamatkan jiwa seseorang seolah-olah ia telah menyelamatkan keseluruhan alam semesta. Lagipula [manusia yang pertama diciptakan sendiri] demi damai antar manusia, sehingga tak seorangpun bisa berkata kepada yang lain, “Nenek moyang ku adalah lebih besar dari nenek moyangmu”… [Namun untuk alasan lain] adalah untuk memproklamirkan kebesaran Yang Maha Kudus, Dia lah yang memberkati…

( http://www.chiefrabbi.org/dd/sources/sourece85.html )

Hampir semua aturan moral dalam Quran diambil Muhammad dari kitab2 Yahudi, Taurat dan Injil. Kami akan uraikan beberapa diantaranya;

Anak2 tidak perlu menuruti nasehat orangtuanya jika orang tua mereka menginginkan sang anak untuk melakukan kejahatan. Ini terdapat di Jebhamoth 6 dan di QS 29:8.

Aturan makan, minum dan berhubungan seks saat puasa di bulan Ramadhan, QS 2:187 diambil dari Mishnah Berachoth 1:2.

QS 4:46 menyatakan bahwa Muslim tidak boleh sembahyang jika mereka mabuk, habis buang air besar, atau menyentuh wanita. Larangan2 yang sama bisa dilihat di Berachoth 31:2 dan 111:4 dan Erubin 64.

Shalat dapat dilakukan pada saat berdiri, berjalan atau bahkan sedang mengendarai. Hal ini tertulis di Berachoth 10 dan dipinjam Muhammad di Q 2:239, 3:39 dan 10:89.

Ketaatan melakukan ibadah tidaklah mutlak jika dalam keadaan terjepit, dan hal ini tidak dianggap dosa. Pesan ini tercantum di Mishnah Berchoth 4:4 dan QS 4:102

Aturan wudhu di QS 5:6 dijiplak dari Berachoth 46

Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan ni’mat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur. (QS 5:6)

Di QS 5:6 tercantum bahwa jika tidak ada air hendaklah bersihkan diri dengan tanah. Talmud Berachoth 46 juga menyatakan bahwa “orang dapat membersihkan diri dengan tanah”.

QS 17:110 menyatakan bahwa sembahyang tidak boleh dilakukan dengan suara yang keras. Aturan yang sama tercantum di Berachoth 31:2.

QS 2:228 menetapkan masa tunggu selama 3 bulan sebelum wanita yang baru bercerai dapat menikah lagi. Misha Jabhamoth 4:10 menyatakan hukum yang persis sama.

Hukum nikah di QS 2:221 serupa dengan Talmud Kethuboth 40:1.

Baik Islam maupun Yudaisme menuntut wanita untuk menyusui bayinya sampai usia 2 tahun. Ini tertera di QS 31:14, 2:233 dan di Kethuboth 60:1.

Selain mengambil menyadur kitab2 Yahudi, Muhammad juga memasukkan syair2 Arab ke dalam Quran ciptaannya. Syair ini kebanyakan berasal dari Zayd bin Amr yang adalah seorang monotheisme. Dalam uraian ini, kami telah memilih 20 ayat2 dari puisi Zayd dan membandingkannya dengan ayat2 Quran. Anda akan mendapatkan kesamaan isi ayat2 Quran itu dengan komposisi puisi Zayd. Karena sifat penulisan Quran yang seringkali mengulang-ulang ayat serupa, maka terdapat pula banyak ayat yang serupa dengan ayat2 puisi Zayd.

Ini adalah beberapa contoh ayat2 dari puisi Zayd yang diambil dari buku Ibn Ishaq, Sirat Rasul Allah (halaman 100-101).

Zayd bin Amr. B. Nufayl menulis puisi ini tentang dirinya yang meninggalkan masyarakatnya dan deraan yang diterimanya dari mereka:

Apakah aku harus menyembah satu tuhan atau seribu tuhan? Jika memang tuhan itu sebanyak yang kau katakan, aku menyangkal baik al-Lat maupun al-‘Uzza sebagaimana yang pasti dilakukan orang cerdas. Aku tidak akan menyembah al-‘Uzza dan kedua putrinya, dan aku pun tidak sudi mengunjungi dua gambar milik Banu ‘Amr. Aku tidak akan menyembah Hubal’ meskipun dulu ketika masih bodoh aku menganggapnya sebagai tuhan kita. Aku merenungkan (akan hal yang tidak jelas di malam hari, tapi jelas untuk dipikirkan di siang hari), bahwa Tuhan membunuh banyak orang yang perbuatannya sangat jahat dan menyisakan yang lain melalui belas kasihan orang sehingga anak kecil bisa tumbuh dewasa. Manusia bisa jadi lemah untuk beberapa saat dan lalu kuat kembali seperti ranting pohon hidup kembali setelah turun hujan. Aku berbakti pada Tuhanku yang penuh kasih agar Tuhan yang pengampun bersedia mengampuni dosaku. Jadi tetaplah takut akan Tuhanmu; karena selama kau berbuat itu maka kau tidak akan binasa. Kau akan lihat orang suci hidup di taman2 (surga), sedangkan para kafir dibakar di neraka. Mereka memalukan saat hidup, dan ketika mati dada mereka akan mengejang kesakitan.

Ibn Hisham memberi catatan (ibn Ishaq, hal.713): Ayat2 ini sebenarnya adalah puisi yang ditulis oleh Umayya b. Abu’l-Salt, kecuali ayat baris satu, dua, lima dan yang terakhir. Inilah tulisan Zayd berikutnya;

Pada Tuhan aku serahkan pujian dan syukurku, Kata yang pasti yang tidak akan pernah gagal sepanjang masa, Pada Raja Surgawi – tiada Tuhan selain Dia Dan tiada illah yang sebanding denganNya. Waspadalah, wahai manusia, apa yang terjadi setelah mati! Kau tidak dapat menyembunyikan apapun dari Tuhan. Hati2lah mengilahkan yang lain selain Tuhan, Karena jalan ke atas telah jelas. Dengan girang aku berdoa, orang lain percaya pada jin, Tapi kau, Tuhanku, adalah Tuhan kami dan harapan kami. Aku puas akan Engkau, ya Tuhan, Dan tidak akan menyembah illah lain selain Engkau. Kau dengan kebaikan dan pengampunanMu telah mengirim seorang utusan pada Moses sebagai nabi.. Kau katakan padanya, Pergilah kau dan Harun, Dan panggil penguasa kejam Firaun untuk berpaling pada Tuhan Dan katakan padanya, ‘Apakah kau menghamparkan bumi tanpa penopang, sampai bumi bisa diam teguh seperti ini?’ Katakan padanya ‘Apakah kau meninggikan surga tanpa penopang? Betapa hebatnya kau sebagai pencipta!’ Katakan padanya ‘Apakah kau meletakkan bulan di sana sebagai cahaya terang ketika malam menutupinya?’ Katakan padanya, ‘Siapa yang mengirim matahari di siang hari sehingga bumi yang disentuh memancarkan kemegahannya?’ Katakan padanya, ‘Siapa yang menanam biji2an di tanah sehingga tanaman dapat tumbuh dan berminyak banyak? Dan menumbuhkan biji2nya di pucuk tanaman?’

Terdapat tanda2 untuk dapat dimengerti. Kau dalam kebaikanmu telah mengirim Yunus

Yang menghabiskan malam2 di dalam perut ikan. Meskipun aku seringkali memuliakan namamu ‘Wahai Tuhan segala makhluk, berikan anugerah dan pengampunanMu padaku

dan berkati putra2 dan hartaku.

Ini lagi contoh puisi karangan Zayd b. Amir (ibn Ishaq, hal. 102):

Dan Zayd berkata: Aku tunduk pada Dia yang padaNya Bumi yang menyanggah batu2 raksasa tunduk Dia menghamparkankannya dan ketika Dia melihat bumi telah terhampar Di atas air, Dia menancapkan gunung2 di atasnya. Aku tunduk pada Dia yang padaNya awan2 yang membawa Air manis tunduk Ketika mereka mengudara di atas tanah Mereka dengan taat mencurahkan hujan di atasnya.

Setelah Zayd b. Amr dibunuh, kawannya yang bernama Waraqa bin. Naufal (yang adalah saudara sepupu Khadijah) menulis puisi ini sebagai tanda hormat baginya (ibn Ishaq, hal. 103):

Kau berada di jalur yang benar Ibn ‘Amr, Kau telah selamat dari api neraka membara. Dengan berbakti pada satu Tuhan saja. Dan meninggalkan berhala2 tak berdaya. Dan dengan mencapai agama yang kau dambakan. Dengan sadar akan kesatuan Tuhanmu. Kau telah mencapai tempat terhormat. Di mana kau akan bersukacita dengan berkat melimpah. Kau akan bertemu di sana kawan Tuhan, Karena kau bukanlah orang kejam penghuni neraka, Sebab pengampunan Tuhan mencapai manusia, Meskipun terdapat tujuh puluh lembah curam di bawah bumi

Alasan kami mengutip syair penghormatan dari Waraqah adalah untuk menunjukkan eratnya hubungan persahabatan Zayd bin Amr dan Waraqah dan hal ini juga mempengaruhi Muhammad untuk menaruh rasa hormat dan penghargaan besar secara tulus terhadap ajaran yang dipercayai, diimani, dan dibela sampai mati oleh Zayd b. Amr. Muhammad bertekad untuk menyamai Zayd b. Amr, yang adalah sahabat Waraqah dan Khadijah. Ingatlah bahwa Khadijah adalah istri pertama dan pendukung utama Muhammad.

Sekarang mari bandingkan ayat2 puisi Zayd dengan ayat2 Quran:

1. Zayd menulis: Apakah aku harus menyembah satu atau seribu Tuhan?

Qur’an menyatakan:

QS 16:22

Tuhanmu adalah Tuhan Yang Maha Esa. Maka orang-orang yang tidak beriman kepada akhirat, hati mereka mengingkari (keesaan Allah), sedangkan mereka sendiri adalah orang-orang yang sombong.

Ayat2 serupa lainnya dari Quran 9:31, 10:64, 11:2, 16:51, 21:25, dll

2. Zayd menulis: tidak mau menyembah al-Lat, al-Uzza dan dua putrinya

Qur’an menyatakan:

Semua nabi, di saat tertentu dirasuki Setan (inilah ayat pembatalan bagi 53:19-20 yang menyatakan Al-Lat, al-Uzza dan Manat adalah dewi2; Muhammad mengatakan bahwa ayat ini diinspirasi oleh Setan sehingga dibatalkan oleh 22:52)…53:19-23

Q 53:19-23

[53:19] Maka apakah patut kamu (hai orang-orang musyrik) menganggap Al Lata dan Al Uzza,

[53:20] dan Manah yang ketiga, yang paling terkemudian (sebagai anak perempuan Allah)?

[53:21] Apakah (patut) untuk kamu (anak) laki-laki dan untuk Allah (anak) perempuan?

[53:22] Yang demikian itu tentulah suatu pembagian yang tidak adil.

[53:23] Itu tidak lain hanyalah nama-nama yang kamu dan bapak-bapak kamu mengada-adakannya; Allah tidak menurunkan suatu keterangan pun untuk (menyembah) nya. Mereka tidak lain hanyalah mengikuti sangkaan-sangkaan, dan apa yang diingini oleh hawa nafsu mereka, dan sesungguhnya telah datang petunjuk kepada mereka dari Tuhan mereka.

Ayat2 serupa lainnya dari Quran: QS 22:53, 52:39, 53:21, dll

3. Zayd menulis: Allah membinasakan orang2 yang perbuatannya benar2 jahat

Quran 6:6 menyatakan:

Apakah mereka tidak memperhatikan berapa banyaknya generasi-generasi yang telah Kami binasakan sebelum mereka, padahal (generasi itu), telah Kami teguhkan kedudukan mereka di muka bumi, yaitu keteguhan yang belum pernah Kami berikan kepadamu, dan Kami curahkan hujan yang lebat atas mereka dan Kami jadikan sungai-sungai mengalir di bawah mereka, kemudian Kami binasakan mereka karena dosa mereka sendiri, dan kami ciptakan sesudah mereka generasi yang lain.

Ayat2 serupa lainnya dari Quran: QS 7:4, 19:98, 20:128, 22:48, dll

4. Zayd menulis: Dan mengampuni nyawa yang lain… …

Quran 9:106 menyatakan:

Dan ada (pula) orang-orang lain yang ditangguhkan sampai ada keputusan Allah; adakalanya Allah akan mengazab mereka dan adakalanya Allah akan menerima tobat mereka. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.

5. Zayd menulis: …. cabang pohon hidup kembali setelah hujan

Quran 50:9-11 menyatakan:

[9] Dan Kami turunkan dari langit air yang banyak manfaatnya lalu Kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan biji-biji tanaman yang diketam,

[10] dan pohon kurma yang tinggi-tinggi yang mempunyai mayang yang bersusun-susun,

[11] untuk menjadi rezeki bagi hamba-hamba (Kami), dan Kami hidupkan dengan air itu tanah yang mati (kering). Seperti itulah terjadinya kebangkitan.

Ayat2 serupa lainnya dari Quran: QS 2:164, 6:99, 7:57, 15:22, dll

6. Zayd menulis: Maka tetaplah takut pada Allah … … , tetaplah takut agar kau tidak binasa

Quran 2:41 menyatakan:

Dan berimanlah kamu kepada apa yang telah Aku turunkan (Al Qur’an) yang membenarkan apa yang ada padamu (Taurat), dan janganlah kamu menjadi orang yang pertama kafir kepadanya, dan janganlah kamu menukarkan ayat-ayat-Ku dengan harga yang rendah, dan hanya kepada Akulah kamu harus bertakwa.

Ayat2 serupa lainnya dari Quran: QS 3:102, 3:198, 7:56, 9:119, dll

7. Zayd menulis: … … .orang2 suci tinggal di taman2 surgawi.…. bagi kafir adalah api neraka yang membara

Quran 26:90-95 menyatakan:

[90] dan (di hari itu) didekatkanlah surga kepada orang-orang yang bertakwa,

[91] dan diperlihatkan dengan jelas neraka Jahim kepada orang-orang yang sesat”,

[92] dan dikatakan kepada mereka: “Di manakah berhala-berhala yang dahulu kamu selalu menyembah (nya)

[93] selain Allah? Dapatkah mereka menolong kamu atau menolong diri mereka sendiri?”

[94] Maka mereka (sembahan-sembahan itu) dijungkirkan ke dalam neraka bersama-sama orang-orang yang sesat,

[95] dan bala tentara iblis semuanya.

Ayat2 serupa lainnya dari Quran: QS 98:8, 3:15, 3:136, 5:119, dll

8. Zayd menulis: … .. dada akan jadi sesak menyakitkan

Quran 6:125 menyatakan:

Barang siapa yang Allah menghendaki akan memberikan kepadanya petunjuk, niscaya Dia melapangkan dadanya untuk (memeluk agama) Islam. Dan barang siapa yang dikehendaki Allah kesesatannya, niscaya Allah menjadikan dadanya sesak lagi sempit, seolah-olah ia sedang mendaki ke langit. Begitulah Allah menimpakan siksa kepada orang-orang yang tidak beriman.

Ayat2 serupa lainnya dari Quran: QS 6:110, 7:101, 10:74, dll

9. Zayd menulis: … … … tiada Tuhan selain Dia

Quran 27:26 menyatakan:

Allah, tiada Tuhan (yang berhak disembah) kecuali Dia, Tuhan Yang mempunyai Arasy yang besar”.

Ayat2 serupa lainnya dari Quran: QS 6:62, 16:74, 17:22, 21:22, dll

10. Zayd menulis: Kau tidak dapat menyembunyikan apapun dari Tuhan

Quran 27:75 menyatakan:

Tiada sesuatu pun yang gaib di langit dan di bumi, melainkan (terdapat) dalam kitab yang nyata (Lohmahfuz).

Ayat2 serupa lainnya dari Quran: QS 3:29, 11:5, 20:7, dll

11. Zayd menulis: … jalan yang lurus telah jadi nyata

Quran 2:256 menyatakan:

Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. Karena itu barang siapa yang ingkar kepada Thaghut dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Ayat2 serupa lainnya dari Quran: QS 2:99, 5:15, 15:1, 22:6, dll

12. Zayd menulis: Dan tidak akan menyembah tuhan lain selain Engkau…

Quran 12:40 menyatakan:

Kamu tidak menyembah yang selain Allah kecuali hanya (menyembah) nama-nama yang kamu dan nenek moyangmu membuat-buatnya. Allah tidak menurunkan suatu keterangan pun tentang nama-nama itu. Keputusan itu hanyalah kepunyaan Allah. Dia telah memerintahkan agar kamu tidak menyembah selain Dia. Itulah agama yang lurus, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.

Ayat2 serupa lainnya dari Quran: QS 2:82-84, 3:79, 7:29, dll

13. Zayd menulis: … … … seorang malaikat datang kepada Musa sebagai pembawa berita

Quran 18:65 menyatakan:

Lalu mereka bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berikan kepadanya rahmat dari sisi Kami, dan yang telah Kami ajarkan kepadanya ilmu dari sisi Kami.

Ayat2 serupa lainnya dari Quran: QS 7:144, 4:164, 18:66, dll

14. Zayd menulis: Katakan pada Firaun: Apakah kau menghamparkankan bumi tanpa penopang…..?

Quran 13:2 menyatakan:

Allah-lah Yang meninggikan langit tanpa tiang (sebagaimana) yang kamu lihat, kemudian Dia bersemayam di atas Arasy, dan menundukkan matahari dan bulan. Masing-masing beredar hingga waktu yang ditentukan. Allah mengatur urusan (makhluk-Nya), menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya), supaya kamu meyakini pertemuan (mu) dengan Tuhanmu.

Ayat2 serupa lainnya dari Quran: QS 31:10, 28:35, dan 79:17-19

15. Zayd menulis:…. Meletakkan bulan di tengah2 sebagai cahaya untuk membimbing ketika malam menyelimutinya….

Quran 71:15 menyatakan:

Dan Allah menciptakan padanya bulan sebagai cahaya dan menjadikan matahari sebagai pelita?

Ayat2 serupa lainnya dari Qur’an: QS 25:61, 16:12, 6:96, dll

16. Zayd menulis: Siapakah yang menanamkan benih di tanah sehingga tanam2an tumbuh….

Quran Q 13:4 menyatakan:

Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan, dan kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman dan pohon kurma yang bercabang dan yang tidak bercabang, disirami dengan air yang sama. Kami melebihkan sebahagian tanam-tanaman itu atas sebahagian yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.

Manusia tidak dapat menumbuhkan pohon2an dan tanam2an…

Atau siapakah yang telah menciptakan langit dan bumi dan yang menurunkan air untukmu dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu kebun-kebun yang berpemandangan indah, yang kamu sekali-kali tidak mampu menumbuhkan pohon-pohonnya? Apakah di samping Allah ada tuhan (yang lain)? Bahkan (sebenarnya) mereka adalah orang-orang yang menyimpang (dari kebenaran).

Ayat2 serupa lainnya dari Quran: QS 27:60, 18:45, 71:17, dll

17. Zayd menulis: Terdapat tanda2 untuk mengerti

Quran 38:29 menyatakan:

Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran.

Ayat2 serupa lainnya dari Quran: QS 2:164, 3:190, 18:45, dll

18. Zayd menulis: …. menyelamatkan Yunus yang tinggal ber-malam2 di perut ikan

Quran 21:87-88 menyatakan:

[87] Dan (ingatlah kisah) Zun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), maka ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap: “Bahwa tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang lalim.”

[88] Maka Kami telah memperkenankan doanya dan menyelamatkannya daripada kedukaan. Dan demikianlah Kami selamatkan orang-orang yang beriman.

Ayat2 serupa lainnya dari Quran: 37:142, 37:143-144 dan 37:145

19. Zayd menulis: Bumi…. terhampar…. gunung2 tertancap di atasnya

Quran 15:19 menyatakan:

Q 15:19

And the earth We have spread out (like a carpet); set thereon mountains firm and immovable; and produced therein all kinds of things in due balance.

Versi Indonesia:

Dan Kami telah menghamparkan bumi dan menjadikan padanya gunung-gunung dan Kami tumbuhkan padanya segala sesuatu menurut ukuran.

(perhatikan bahwa terjemahan Inggris selalu mengikutsertakan kata2 “like a carpet” (seperti karpet) tapi terjemahan Indonesia tidak mencantumkan hal itu. Ulama2 Indonesia malu mengakui kali: masakan bumi rata bagaikan karpet terhampar.)

Ayat2 serupa lainnya dari Quran: QS 13:3, 16:15, 27:61, dll

20. Zayd menulis : … .awan2 yang membawa air manis….

Quran 78:14-16 menyatakan:

[14] dan Kami turunkan dari awan air yang banyak tercurah,

[15] supaya Kami tumbuhkan dengan air itu biji-bijian dan tumbuh-tumbuhan,

[16] dan kebun-kebun yang lebat?

Ayat2 serupa lainnya dari Quran: QS 7:57, 24:43, 30:48, dan 77:27.

Uraian diatas menunjukkan bahwa Quran bukanlah berasal dari ALLAH. Mungkinkah Allah menjiplak pikiran2 manusia untuk diletakkan dalam Qurannya? Semua ini hanyalah kebohongan Muhammad yang mengatakan dirinya mendapat wahyu dari Allah. Kesalahan2 dalam Quran jelas menunjukkan bahwa QURAN HANYALAH KARANGAN MUHAMMAD BELAKA.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: